Letak Geografis BONTANG

letak bontang, peta bontang, tempat bontang, wilayah bontang, kota bontang
Secara Geografis KOTA BONTANG terletak antara 117º23’ Bujur Timur sampai 117º38’ Bujur Timur serta diantara 0º01’ Lintang Utara dan 0º12’ Lintang Utara. Kota Bontang menempati wilayah seluas 497,57 km2 Wilayah Kota Bontang didominasi oleh lautan, yaitu seluas 349,77 km2 (70,30 %), sedangkan wilayah daratannya hanya 147,8 km2 (29,70 %).

Kota Bontang merupakan jalur khatulistiwa dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:

- Sebelah Utara berbatasan dengan Kutai Timur
- Sebelah Timur berbatasan dengan Selat Makasar
- Sebelah selatan berbatasan dengan Kutai Kartanegara
- Sebelah Barat berbatasan dengan Kutai Timur

Secara administrasi, semula Kota Bontang merupakan kota administratif sebagai bagian dari Kabupaten Kutai dan menjadi Daerah Otonom berdasarkan Undang-Undang No. 47 Tahun 1999 tentang pemekaran Propinsi dan Kabupaten, bersama-sama dengan Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Kutai Kertanegara. Dan sejak disahkannya Peraturan Daerah Kota Bontang No. 17 tahun 2002 tentang Pembentukan Organisasi Kecamatan Bontang Barat, pada tanggal 16 Agustus 2002, Kota Bontang terbagi menjadi 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Bontang Selatan, Kecamatan Bontang Utara, dan Kecamatan Bontang Barat.

Kecamatan Bontang Selatan memiliki wilayah daratan paling luas (104,40 km2), disusul Kecamatan Bontang Utara (26,20 km2) dan Kecamatan Bontang Barat (17,20 km2) Kota Bontang memiliki letak yang cukup strategis yaitu terletak pada jalan trans Kaltim dan berbatasan langsung dengan Selat Makassar sehingga menguntungkan dalam mendukung interaksi wilayah Kota Bontang dengan wilayah lain di luar Kota Bontang.

Kota Bontang memiliki 3 kecamatan, yaitu :

Bontang Barat

Bontang Barat merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Bontang Utara dan merupakan wilayah kecamatan terkecil dan paling muda usianya di kota Bontang.

Sarana prasarana yang termasuk wilayah ini adalah kompleks perumahan PT Pupuk Kaltim, Stadion Mulawarman, Koperasi Pupuk Kaltim, RSUD Bontang, PKTV, Pasar Telihan, Bontang Plaza, Terminal Bontang dan lain-lain. Kecamatan ini juga merupakan pintu gerbang Kota Bontang.

Kelurahan di kecamatan Bontang Barat berjumlah tiga kelurahan, yaitu:
Kelurahan Telihan
Kelurahan Kanaan
Kelurahan Belimbing

Bontang Utara

Kecamatan ini dikenal sebagai pusat perekonomian utama dan sektor perikanan di kota Bontang, terlebih setelah munculnya Plaza Taman, yang menjadikan kegiatan ekonomi kecamatan ini semakin menggeliat.

Prasarana yang termasuk wilayah ini diantaranya, Kantor Walikota, kantor-kantor instansi pemerintahan, Den Arhanud Rudal 002, Kodim, Polres Bontang, Pelabuhan Utama Loktuan, Pelabuhan Tanjung Limau, lapangan Golf Bukit Sintuk, kawasan wisata Bontang Kuala, RS. Pupuk Kaltim, RS. Amalia, Stadion Besai Berinta, Gedung Biru Kaltim Post, area pabrik dan perkantoran PT Pupuk Kaltim serta kawasan industri petrokimia Kaltim Industrial Estate.

Kelurahan di kecamatan Bontang Utara berjumlah 6 kelurahan, yaitu:
Kelurahan Bontang Baru
Kelurahan Loktuan
Kelurahan Bontang Kuala
Kelurahan Gunung Elai
Kelurahan Api-api
Kelurahan Guntung

Bontang Selatan

Wilayah kecamatan ini merupakan yang terluas dan terbanyak penduduknya. Kecamatan ini memiliki konsentrasi penduduk yang padat di sekitar daerah Berbas.

Sarana yang masuk dalam wilayah ini yaitu area pabrik, perkantoran dan perumahan milik PT Badak NGL, stasiun LNGTV, area pelabuhan batubara PT Indominco, rumah sakit PT. Badak NGL, Bandar Udara PT. Badak NGL, pasar malam Berbas, Andikha Plaza, pasar Rawa Indah, pelabuhan Tanjung Laut, Pulau Beras Basah, serta kawasan kota baru Bontang Lestari.

Kelurahan di Kecamatan Bontang Selatan berjumlah 6 kelurahan, yaitu:
Kelurahan Tanjung Laut
Kelurahan Tanjung Laut Indah
Kelurahan Berbas Tengah
Kelurahan Berbas Pantai
Kelurahan Bontang Lestari
Kelurahan Satimpo

tags : kota bontang, bontang kota, letak bontang, luas bontang, pupuk kaltim bontang, lng bontang, sejarah bontang, kelurahan bontang, kecamatan bontang, wlikota bontang, sepak bola bontang, pariwisata bontang, kebudayaan bontang, daerah bontang, geografis bontang, kelurahan bontang, kecamatan bontang, luas kota bontang, penduduk bontang

Title Post: Letak Geografis BONTANG
Rating: 100% based on 999987 ratings. 9 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Mohon maaf.. Karena akun saya telah di suspen oleh mediafire, Jadi File-File lama banyak yg tidak bisa di download

0 comments:

Post a Comment

Masukkan Email Kamu Untuk Mendapatkan Update Blog Ini:

Setelah itu buka email anda kemudian verifikasi emailnya untuk mendapatkan update blog ini melaluiFeedBurner