Hutan mangrove tumbuh di bagian hutan tropis, terbentang dari utara ke selatan, dari florida (Amerika Serikat) di bagian utara turun ke pantai Argentina di Amerika Selatan. Hutan mangrove juga terdapat di sepanjang barat dan timur pantai Afrika dan terpencar sampai ke anak benua India hingga Ryukyu di Jepang. Lebih jauh ke Selatan, hutan mangrove terdapat di New Zealand dan membentuk kawasan Indo-Malaya.

Di Indonesia, perkembangan hutan mangrove terjadi di daerah pantai yang terlindung dan di muara-muara sungai, dengan variasi lebar beberapa meter sampai ratusan meter lebih. Indonesia yang terdiri atas 13.677 pulau memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 81.000 km, sebagian besar di tumbuhi hutan mangrove. Hutan mangrove tumbuh hampir di seluruh provinsi di Indonesia, dengan luas kawasan yang berbeda secara spesifik. Wilayah hutan mangrove yang paling luas terdapat di Irian Jaya, Kalimantan Timur, Sumatra Selatan, Riau, dan Maluku.

Hutan mangrove menyebar luas di bagian yang cukup panas di dunia, terutama di sekeliling khatulistiwa di wilayah tropika dan sedikit di subtropika. Luas hutan bakau Indonesia antara 2,5 hingga 4,5 juta hektar, merupakan mangrove yang terluas di dunia. Melebihi Brazil (1,3 juta ha), Nigeria (1,1 juta ha) dan Australia (0,97 ha) (Spalding dkk, 1997 dalam Noor dkk, 1999). Di Indonesia, hutan-hutan mangrove yang luas terdapat di seputar Dangkalan Sunda yang relatif tenang dan merupakan tempat bermuara sungai-sungai besar. Yakni di pantai timur Sumatra, dan pantai barat serta selatan Kalimantan. Di pantai utara Jawa, hutan-hutan ini telah lama terkikis oleh kebutuhan penduduknya terhadap lahan. Di bagian timur Indonesia, di tepi Dangkalan Sahul, hutan-hutan mangrove yang masih baik terdapat di pantai barat daya Papua, terutama di sekitar Teluk Bintuni. Mangrove di Papua mencapai luas 1,3 juta ha, sekitar sepertiga dari luas hutan bakau Indonesia.


http://dedepurnama.blogspot.com

2 comments:

kakara said... July 26, 2009 at 7:27 PM

wah jadi tahu nih tentang hutan mangrove..
TFS frenz :)

Jabon said... September 5, 2010 at 4:10 PM

mampir nich...
oh ea,, ada sedikit info tentang kayu jabon
ok,, SALAM....

Post a Comment

 
Blogger TemplateBLOG BONTANG © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top