Resolusi Foto Yang Optimal Untuk Pencetakan

Pixel adalah unit terkecil yang dapat diwakili atau dikontrol dalam gambar digital. Lebih banyak piksel artinya resolusi lebih tinggi, menghasilkan kualitas gambar yang lebih detail. Satu megapiksel sama dengan satu juta piksel. Kamera modern punya sensor yang pikselnya sangat banyak yaitu antara 10 megapiksel hingga 24 megapiksel. Secara umum, ukuran cetak ditentukan oleh berapa banyak megapiksel yang Anda miliki, yang ditentukan oleh beberapa faktor yang berbeda, termasuk sensor kamera, pengaturan kamera (resolusi dan kualitas gambar), dan pengaturan cetak (resolusi).

Pengaturan kamera

Resolusi dari sebuah sensor adalah perhatian utama dalam fotografi digital. Resolusi yang lebih tinggi memungkinkan untuk pencetakan yang lebih besar. Sebagai contoh, kamera yang memiliki sensor 18 megapiksel (5.184 x 3.456) bisa dipakai untuk mencetak foto berukuran 16 x 24 inci tanpa kehilangan kualitas dan ketajaman. Sebuah kamera DSLR modern dengan sensor full frame bisa memberikan ukuran file maksimum sekitar 26MB RAW, untuk ukuran foto 5616 x 3744 piksel. Tapi jika Anda menyimpan foto dalam format JPEG, ukuran filenya akan menjadi  sekitar 6MB. Jadi dengan kamera yang sama, ukuran file foto dapat bervariasi, berdasarkan format file, subjek, kecepatan ISO, picture style, serta variabel lain.

Pengaturan cetak

Dalam urusan cetak, istilah resolusi berarti kerapatan titik per inci (PPI, sebagian orang menyebutnya DPI). Resolusi cetak memiliki hubungan erat dengan jarak pandang foto, karena semakin foto dicetak dengan ukuran besar maka jarak pandang kita terhadap foto juga seharusya semakin jauh. Sebagai contoh, sebuah foto 3000 x 2000 piksel yang akan dicetak ukuran 4R perlu resolusi 200 atau bahkan 300 PPI, tapi bila akan mencetak ukuran billboard 6 x 20 meter maka 12 PPI atau bahkan 9 PPI sudah cukup. Hal ini karena foto 4R umumnya dilihat dari jarak dekat sehingga perlu punya kualitas yang baik, sedangkan billboard iklan tidak butuh kualitas tinggi karena dilihat dari jarak jauh. Anda bisa juga menaikkan image size dengan teknik interpolasi untuk memungkinkan pencetakan yang lebih besar. Beberapa aplikasi plugin Photoshop seperti Genuine Fractals memungkinkan Anda untuk meningkatkan ukuran gambar dengan menggunakan algoritma interpolasi berbasis fraktal - tanpa kehilangan ketajaman atau detail yang Anda lihat pada gambar sampel.

Pixel Rezise

Jadi untuk bisa optimal dalam mencetak foto, pastikan dulu berapa resolusi sensor kamera anda dan bila kita tahu akan mencetak foto dengan ukuran besar hindari memilih image size yang lebih rendah dari resolusi sensor kamera.Setelah itu perhatikan juga PPI atau resolusi cetaknya, apabila foto dicetak dengan PPI rendah maka hasilnya akan pecah, tidak tajam dan tidak cocok untuk foto yang ukurannya kecil (dibawah 10R). Tapi bila ingin mencetak amat besar, kita bisa menaikkan resolusi gambar (image size) dengan teknik interpolasi atau menurunkan PPI-nya. Perlu diingat kalau secara kualitas gambar di layar monitor tetap saja foto yang resolusi tinggi tampak punya transisi yang halus, terutama di daerah shadow dan di daerah di mana area gelap perlu dipertahankan tanpa menjadi hitam pekat. Jadi meski ada teknik-teknik dan aplikasi untuk manipulasi gambar tetapi perlu diingat bahwa tidak ada aplikasi perangkat lunak dapat menambahkan resolusi gambar yang tidak memiliki resolusi yang cukup.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Resolusi Foto Yang Optimal Untuk Pencetakan"

Post a Comment