Cara Mengatur Format Teks di Microsoft Word

Ada berbagai macam pengetikan yang bisa anda lakukan di microsoft word baik. Pengaturan format teks pada tulisan atau naskah informal tentu sangat berbeda untuk dokumen formal. Pengetikan untuk naskah yang bersifat formal seperti pembuatan karya ilmiah (skripsi, tesis), laporan ataupun surat menyurat biasanya lebih kaku karena adanya pengaturan yang membatasi atau menyeragamkan tata cara penulisan. Sedangkan untuk dokumen yang bersifat tidak formal seperti pembuatan puisi, naskah cerita, catatan sekolah/kuliah, buku serta masih banyak lagi, anda bisa berkreasi dan berimaginasi sesuka anda.
Ada dua hal penting yang dalam mengatur format teks microsoft word, yakni pengaturan font baik ukuran, jenis maupun style font, dan pengaturan paragraf dari tulisan. Untuk mengatur format font dan paragraf dari teks bisa anda ikuti langkah di bawah ini:
  1. Blok atau sorot teks yang akan diubah formatnya
  2. Untuk mengatur format font lakukan melalui tombol toolbar yang ada di grup Font, seperti membuat huruf tebal, huruf miring, superscript, subscript, dan yang lainnya
  3. Untuk mengatur format alinea atau paragraf teks dapat dilakukan pada grup Paragraph. Anda bisa membuat rata kiri, rata kanan, rata tengah, jarak spasi antar baris teks, border, bullet dan numbering, dan masih banyak lagi.
  4.  Gambar: Grup toolbar font dan paragraph di Microsoft Word
  5. Misalkan anda ingin mengetik skripsi menggunakan jenis font times new roman atau mengetik surat resmi dengan font arial, maka anda dapat menggantinya langsung pada kotak tampilan nama font
  6.  Gambar: Mengganti jenis font menjadi arial di Microsoft Word
  7. Bila ingin mengatur format huruf / font lebih lanjut maka tekan saja tombol CTRL+D. Sebuah dialog Font akan muncul dan anda dapat mengaturnya lebih lanjut pada dialog tersebut, seperti membuat garis bawah ganda (double), menambahkan efek emboss, shadow, warna garis bawah, dan lain sebagainya
  8.  Gambar: Tampilan dialog Font di Microsoft Word
  9. Misalkan kita ingin membuat jarak spasi ketikan menjadi 2 baris, maka kita bisa mengaturnya langsung dengan cara klik pada tombol Line Spacing lalu pilih spasi yang akan kita gunakan.
  10.  Gambar: Mengganti spasi ketikan menjadi 2 spasi di Microsoft Word
  11. Untuk mengatur format paragraf atau alinea teks lebih lanjut dapat dilakukan melalui dialog Paragraph dengan cara menekan tombol ALT+H, PG. Pada dialog tersebut anda dapat mengatur banyak hal seperti jarak antar spasi, hanging, spasi paragraf, dan lain sebagainya.

 Gambar: Tampilan dialog Paragraph di Microsoft Word




Untuk mengakses format secara cepat anda bisa menggunakan berbagai keyboard shortcut yang telah tersedia di microsfot word seperti :
  • CTRL+B untuk membuat format teks menjadi tebal
  • CTRL+I untuk membuat format italic (miring)
  • CTRL+2 untuk membuat paragraf menjadi dua spasi
  • CTRL+J untuk membuat tulisan rata kiri-kanan
  • dan masih banyak lagi.

Title Post: Cara Mengatur Format Teks di Microsoft Word
Rating: 100% based on 999987 ratings. 9 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Mohon maaf.. Karena akun saya telah di suspen oleh mediafire, Jadi File-File lama banyak yg tidak bisa di download

0 comments:

Post a Comment

Masukkan Email Kamu Untuk Mendapatkan Update Blog Ini:

Setelah itu buka email anda kemudian verifikasi emailnya untuk mendapatkan update blog ini melaluiFeedBurner