Teknologi Inovasi KelompokKu

BERRY BOX


 
Di susun oleh

AUNUR ROFI’ DZILFIKAR
 KARDO
 PLUTO PRABADI
 PRAYOGA WIGUNA

PROGRAM SURDY TEKNIK LINGKUNGAN S1
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS RIAU
2012


 
BAB I 
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang

Tidak dapat dipungkiri, saat ini sampah telah menjadi suatu hal yang meresahkan bagi masyarakat. Bagaimana tidak, ketika kita mendapati sampah-sampah berserakan di lingkungan sekitar kita, ketika kita melihat tumpukan sampah dipinggir jalan yang menyebabkan bau yang tidak sedap, apa yang kita rasakan? Pastinya kita tidak suka dan menyingkir dengan yang namanya sampah. Tapi, adakah suatu cara agar kita tidak menghindari yang namanya sampah, bahkan dengan sampah kita bisa menghasilkan uang dengan mudah?

Di abad ke-21 ini, di mana sedang blooming-nya zaman globalisasi, kebutuhan masyarakat semakin meningkat sehingga menyebabkan sarana penyedia kebutuhan pun dituntut untuk ditingkatkan pula. Di saat gencarnya para produsen saling meluncurkan produk-produk unggulannya, di saat itu pula mereka lupa akan dampak dari kemasan yang mereka gunakan dalam membungkus isi dari produk mereka. Kemasan yang dibuang dan tidak digunakan lagi secara kontinu inilah yang disebut sampah.

Secara tidak sadar, mereka yang berprofesi sebagai penyedia kebutuhan atau produsen telah memberikan dampak yang merugikan bagi lingkungan alam sekitar yang secara tidak sadar pula kerusakannya akan merugikan bagi kehidupan mereka sendiri. Seperti kasus yang terjadi di Bandung, muatan sampah yang berlebih dan tidak terkelola pada salah satu TPS menyebabkan ledakan dan longsoran sampah hingga jatuhnya banyak korban.Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah invensi dan inovasi dalam mengatasi keberadaan sampah ini, baik yang masih berserakan di lingkungan maupun yang telah menumpuk hinggasampai memakan korban. Bahkan, bagaimana caranya dengan sampah kita bisa menghasilkan uang dengan mudahnya. Untuk itu, kami mencanangkan ide untuk membentuk suatu alat yang dinamakan Berry Box (Kotak Penukar Sampah dengan Uang) guna mengatasi keberadaan sampah yang menjadi momok di masyarakat.


1.2.Rumusan Masalah

  • Bagaimana sampah dialihfungsikan menjadi materi yang menghasilkan uang?
  • Bagaimana cara menyadarkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan? 
1.3  Tujuan dan Manfaat

  • Mengalihfungsikan sampah yang dibuang menjadi materi yang menghasilkan uang dengan mudah.
  • Menyadarkan masyarakat akan dampak negatif ketika dibuang sembarangan dan ketika ditumouk berlebihan serta tidak terurus.

BAB.II 
PEMBAHASAN

Masalah yang pertama pada dunia sekarang ini adalah Sampah yang berserakan di lingkungan.Itulah yang ada dalam pikiran orang saat ini yang semuanya belum terpikirkan bagaimana cara menanggulangi sampah yang berserakkan itu.Dengan sampah semua orang akan bisa memperoleh penghasilan (uang) ,itu semua hanya dapat di lakukan oleh orang yang berpikir kreatif dan inovatif.

Saat ini orang di dunia sudah mulai tidak menghiraukan lingkungan sekitar,baik itu secara langsung maupun tidak langsung.Padahal lingkungan saat ini sudah sangat parah tapi hal itu tidak sebanding dengan kesadaran orang-orang untuk memperbaiki lingkungannya.

Untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di atas,kami merencanakan sebuah innovasi yaitu “BERRY BOX”.Berry box adalah sebuah alat seperti tempat sampah tapi bedanya setiap sampah yang dimasukkan kedalam berry box akan bernilai nominal atau dalam artian lain di uangkan.Sampah yang berserakan,kurangnya kesadaran terhadap lingkungan,itulah yang dominan sikap seseorang saat ini.Innovasi yang kami buat ini bertujuan untuk menanggulangi permasalahan itu dan juga memberitahukan kepada masyrakat bahwa setiap sampah itu bernilai harganya,jadi dengan begitu orang akan terdorong hatinya untuk membuang sampah pada tempatnya dan tidak ada lagi sampah yang berserakkan di linfgkungan.

Di dalam innovasi ini,kami menyiapkan beberapa keunggulan yang sangat menunjang dan memotivasi orang untuk memakai alat ini dan kami pun telah melengkapi alat ini dengan pemberian pelayanan yang sangat baik dan mudah di pakai untuk para pemula,dengan begitu orang akan tidak ragu untuk memakai innovasi ini.

Berikut ini beberapa fitur yang kami sediakan di dalam alat ini yang nantinya akan kami jelaskan mamfaat dan kegunaannya satu per satu :
  • Tempat sampah
  • Monitor
  • Sensor
  • Panel pembuka tempat sampah
  • Speaker
  • Alarm
  • Kamera
  • Timbangan sampah
  • Slot card
  • Panel nomor
Tempat sampah pada alat ini pastinya akan berfungsi sebagai tempat untuk membuang sampahnya,dimana tempat sampah di sini kami bagi menjadi 2 golongan yaitu Organik dan An-Organik.

Selanjutnya di dalam tempat sampah itu kami rencanakan untuk meletakkan timbanngan sampah yang gunanya akan kami jelaskan pada sistematika kerjanya nanti.

Kamera adalah alat paling populer dalam aktivitas fotografi.Namun kami mengunakannya di sini untuk memantau setiap apa yang terjadi di depan alat ini.Kamera yang kami gunakan di sini adalah kamera instan yaitu Istilah instan adalah dimilikinya mekanisme automatik pada kamera, sehingga berdasar pengukur cahaya (lightmeter atau fotometer), lebar diafragma dan kecepatan pemetik potret secara otomatis telah diatur.

Alarm secara umum dapat didefinisikan sebagai bunyi peringatan atau pemberitahuan. Dalam istilah jaringan, alarm dapat juga didefinisikan sebagai pesan berisi pemberitahuan ketika terjadi penurunan atau kegagalan dalam penyampaian sinyal komunikasi data ataupun ada peralatan yang mengalami kerusakan (penurunan kinerja). Pesan ini digunakan untuk memperingatkan operator atau administrator mengenai adanya masalah (bahaya) pada jaringan. Alarm memberikan tanda bahaya berupa sinyal, bunyi, ataupun sinar.Fungsi Alarm Memberitahukan apabila terjadi bahaya dan kerusakan ataupun kejadian yang tidak diharapkan pada jaringan melalui sinyal sehingga memberikan peringatan secara jelas agar dapat diantisipasi.

Monitor adalah pemantauan yang dapat dijelaskan sebagai kesadaran (awareness) tentang apa yang ingin diketahui, pemantauan berkadar tingkat tinggi dilakukan agar dapat membuat pengukuran melalui waktu yang menunjukkan pergerakan ke arah tujuan atau menjauh dari itu. Monitoring akan memberikan informasi tentang status dan kecenderungan bahwa pengukuran dan evaluasi yang diselesaikan berulang dari waktu ke waktu, pemantauan umumnya dilakukan untuk tujuan tertentu, untuk memeriksa terhadap proses berikut objek atau untuk mengevaluasi kondisi atau kemajuan menuju tujuan hasil manajemen atas efek tindakan dari beberapa jenis antara lain tindakan untuk mempertahankan manajemen yang sedang berjalan.

Sensor adalah sesuatu yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik atau kimia. Sensor di sini kami gunakan untuk mendeteksi apakah sampah yang di masukkan tergolong sampah organik atau an-organik.

Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran.Gunanya pada alat ini adalah untuk memberi peringatan berupa suara kepada pemakai alat maupun pemberi arahan kepada pemakai alat.

Slot card adalah sebuah tempat untuk memasukkan kartu ke dalam sebuah mesin atau alat yang nantinya akan berguna untuk mengaktifkan alat atau mesin yang di gunakan.

Panel (tombol) pada alat ini  di gunakan untuk melakukan proses pengoperasian alat,contohnya memasukkan passowrd pengguna.

Cara kerja innovasi ini,seperti yang sudah di jelaskan diatas sangatlah mudah dan tidak merepotkan.untuk lebih jelasnya tentang sistematika kerja lat ini adalah sebagai berikut :

Sebelum kita memasukkan sampah ke dalam BERRY BOX terlebih dahulu kita memasukkan R-Card (Rubbish Card) ke dalam slot card yang sudah disediakan pada alat ini,supaya panel pembuka tempat sampah bisa berfungsi,jadi kalau kita tidak punya R-Card maka kita tidak akan bisa membuang sampah pada alat ini , di R-Card ini juga sudah di lengkapi dengan password setiap kartunya,sehingga bisa di artikan mirip seperti kartu ATM. Selanjutnya kita akan disuruh untuk memasukkan password dengan menggunakan panel-panel nomor yang ada pada alat ini dan cara untuk tahap awal ini tidak merepotkan.

Setelah kita berhasil  memasukkan password lalu kita menekan panel pembuka tempat sampah yang sudah di sediakan di dalam alat ini dan langsung saja masukkan sampah ke dalamnya,pada saat kita memasukkan sampah sensor akan mendeteksi apakah sampah yang dimasukkan tergolong organik atau an-organik dan secara otomatis akan langsung memisahkannya didalam tempat sampah tersebut.setelah sampah kita masukkan otomatis juga alat ini akan langsung menimbang berat sampah yang kita masukkan,karena setiap  sampah beratnya akan di konversikan ke dalam bentuk nominal uang.untuk perhitungannya kami merencanakan setiap 1 gram berat samapah itu baik organik ataupun an-organik bernilai Rp0,5 jadi kalau misalnya sampah yang kita masukkan seberat 500 gram maka kita akan mendapat nominal uangnya Rp250,- dan kalau 1 Kg akan dapat Rp500,- (Rp 0,5/gram)

Nominal yang kita dapat akan di tampilkan pada monitor yang kami sediakan,dan setiap kesalahan yang kita lakukan pada alat ini ,maka otomatis alat ini akan mengeluarkan suara peringatan pada speaker yang terdapatpada  alat ini.speaker di sini juga berfungsi sebagai alat perintah,contohnya “silakan masukkan kartu R-Card anda”.

Untuk masalah keamanan,tidak usah diragukan lagi karena kami telah menyiapkan kamera serta alarm yang canggih untuk permasalahan ini,jadi setiap ortang yang ingin merusak alat ini secara otomatis alarm akan berbunyi dan kamera akan langsung merekam apa yang sedang terjadi. 

BAB 3
PENUTUP

A. Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa setiap sampah yang kita buang itu sangat berharga…kenapa?karena setiap sampah itu akan berdampak positif dan dampak negative ,kalau negative sampah yang kita buang itu akan merusak lingkungan kita kalau tidak di tangani dengan benar sedangkan dampak positifnya adalah bisa menjadi sumber penghasilan kalau bisa memamfaatkan sampah tersebut dengan semaksimal mungkin,jadi tidak ada sanpah yang tidak berguna nantinya…dengan adanya innovasi yang kami buat mudah-mudahan bias membantu permasalahan ini.

DAFTAR  PUSTAKA


http://id.wikipedia.org/wiki/Kamera
http://www.total.or.id/info.php?kk=Alarm
http://id.wikipedia.org/wiki/Monitoring
http://www.howstuffworks.com/speaker.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Sensor



Post a Comment for "Teknologi Inovasi KelompokKu"

Labels

000webhost Accessory Achikochi Ada Band add ons adobe flash adsense aerasi Aero Afgan air air bersih air tanah akses akun alami alexa Amy Search ANDROID animasi ANTI VIRUS ANTI-SPYWARE antivirus ANTIVIRUS PORTABLE / INDONESIA ANTIVIRUS PORTABLE LUAR NEGERI Aperture aplikasi arang Armada Arsitektur Artikel AUDIO and VIDEO automatic update average avira backup bagan baking soda bandwidth bandwith bar baris batang batita batterai bau Bawang Bayi bekas belajar berat badan Bisnis bitcomet BlackBerry blank Blog Blog Berita Blogger Blogger Indonesia Blogger Template Blogging blogspot Bokeh Bola BONTANG browser Buah bullet Bunga Citra Lestari (BCL) cache Cakra Khan Calvin Jeremy Camera cara cepat cara instan cara praktis cell Cerita Cerita Horor Cerita Lucu Cerpen cetak chart charts Cherrybelle chrome Cinta clip art cms contoh Contoh Foto control panel convert cpanel cuka apel Curhat D'Bagindas D'Essentials D'Paspor Dadali dasar data Daun daur ulang default dehidrasi Dekorasi denah Denah Rumah Desain Desain Apartemen Desain Interior desain kamar Desain Kamar Mandi Desain Kantor Desain Minimalis Desain Ruang Tamu desain rumah Desain Rumah desain rumah minimalis desktop Dewasa Di Indonesia Diabetes diare diet dinding display dns DoF dokumen Domain download DOWNLOAD GAME DOWNLOAD LAGU-LAGU MP3 DOWNLOAD SOFTWARE DOWNLOAD SOFTWARE UTILITIES Drama Korea drawing Dream High drive Driver DSLR Ebiet G Ade EDIT FOTO editing Efek Foto eksterior elemen komposisi Email Emoticon Entertaiment equation editor Exposure FACEBOOK Fashion Fatin Shidqia Lubis fermentasi fields file film Film Korea find and replace firefox flashdisk flashgot folder font format format cells format tulisan formula Foto free fungsi Gadet Gadget gadgets Gambar gambar rumah gambar sketsa rumah adat gambar sketsa rumah hitam putih gambar sketsa rumah kartun gambar sketsa rumah mewah gambar sketsa rumah minimalis gambar sketsa rumah minimalis 3 kamar gambar sketsa rumah mudah gambar sketsa rumah panggung gambar sketsa rumah sederhana gambar sketsa rumah sederhana tampak depan gambar sketsa wajah anime gambar sketsa wajah dari samping gambar sketsa wajah jimin bts gambar sketsa wajah kartun gambar sketsa wajah menangis gambar sketsa wajah mudah ditiru gambar sketsa wajah wanita gambar sketsa wajah wanita berhijab dari samping gambar sketsa wajah wanita dari samping Games Gamma 1 Band garam garis Geisha Genre gigi Giselle Global gmail Google google chrome GOOGLE TRANSLATE grafik gratis grid gula halaman Hamil Handphone Handphone Trik hapus harddisk hardware Hari Raya Idul Fitri 1432 H header and footer Hello hemat herbal hobi Home Design Honda Hosting Hotel Hunting HUTAN MANGROVE / BAKAU ibu hamil icon iklan INFORMASI / BERITA Inka Christy Insomnia INSTAL ULANG WINDOWS 7/VISTA INSTAL ULANG WINDOWS XP interior Internet internet explorer Iphone Islam ISO Iwan Fals Jerawat Jeremy Teti Jilbab JKT48 Jual Beli Judika Julia Perez Jurnalisme kalsium Kamar Kangen Band Kanker Kata Bijak Kata Cinta Kata Gombal Kata Indah Kata Islami Kata Kata Kata Lebay Kata Lucu Kata Motivasi Kata Mutiara Kata Romnatis Kata Sayang Kata-kata Hari Raya Kata-Kata Lebaran Katon Bagaskara kaya kebugaran Kecantikan kecepatan kedelai kejahatan keringat kertas kerusakan Kesehatan keuangan keyboard shortcut keyboardshortcut klorin kode html kolom kompresi KOMPUTER kondisional koneksi konfigurasi konsep konten Kontes Seo konversi Korea Kue kuliah Kunyit Lagu laptop Last Child lemon Lensa level Lighting limbah lingkungan link LINUX list LOGAM BERAT logika Lowongan Macro Madu Magazine Style Makalah makanan Maliq malware manajemen file mangan manual margin Maroon 5 matematika Materi Kuliah Maudy Ayunda melahirkan MEMPERCANTIK FLASHDISK MENCEGAH SCRIPT BERBAHAYA MENGEDIT FOTO ONLINE menghitung MENGOPTIMALKAN BROWSER DAN RAM MENINGKATKAN PERFORMA KOMPUTER MENINGKATKAN TRAFFIC BLOG menu Meta Tag micosoft word microsoft access microsoft excel microsoft powerpoint microsoft windows microsoft word Mito Mivo TV MNCTV Mobil model rumah Modem monitor Motivasi Motivasi Blogging MotoGp mouse Movie mozilla Mozilla Firefox Mp3 ms paint multilevel multimedia Mulut muntah Musikimia natural navigasi Nexian Nirwana Band Noah Nokia nomor Nonton TV nort numbering obat objects One Piece online opera Operating System Opick Opini orbit downloader otomatis Otomotif Outdoor panduan Panning Pantun paragraf partisi password PC Tablet pdf pemasaran Pemula penampilan pencarian pencegahan pencurian Pendidikan penelitian pengenalan Pengunduran Diri pengunjung penjualan penyakit mulut PERBAIKAN KOMPUTER Perbandingan performa Personal Peterpan Photo photoshop Pixel plafon plastik plugins posting Potrait power powerpoint options PPC presisi Preview printer produk Profile program Property Proposal Provider Puasa publikasi Puisi Puisi Cinta Puisi Sedih quota racun Rambut Rating RCTI registry REGISTRY WINDOWS repair Repvblik Resep restart restore Review ribbon ribbon design ribbon developer ribbon home ribbon insert ribbon layout ribbon view Romantis Rossa rotasi rumah rumah minimalis rumah mungil Rumor rumus Run rusak Sammy Simorangkir sampah sampul saringan saringan air satuan unit search engine sekuritas SEO Seo Contest Sepak Bola separator SEPUTAR PASSWORD series SERP setting Seventeen shape shapes Shireen Sungkar shortcut shutdown simbol sistem operasi Siti Badriah Sketsa slide SMS Sms Hari Raya Sms Ucapan Software Sony Ericsson sort sosial SOURCE CODE Sport sqrt start up startup statistik status strawberry stress style sub domain Sule sumif Surat system system restore tabel tampilan tanggal Task Manager taskbar TATASURYA Tegar Teknisi teks telinga Telkomsel template Template Blog TENTANG BLACKBERRY (BB) TENTANG HANDPHONE (HP) TENTANG OTAK MANUSIA terapi Terms theme therapi timing Tipe-X Tips Tips and Trik TIPS dan TRIK KOMPUTER/INTERNET Tips Internet Tips Trick Blogger TIPS TRIK BLOG Tomat toolbar Tools traffic Trend 2012 trik TRIK AKSES REMOTE Trik Gratis Three TRIK JARINGAN TRIK MEMAKSIMALKAN KAMERA tulang tulisan Tulus Tutorial TV One TWITTER uang UANG DARI INTERNET UBUNTU/LINUX Ucapan Lebaran Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik umum Ungu usaha User Account Ustadz Jefri Al Buchori (Uje) utility vba verifikasi Video Videophotography Vidi Aldiano Vierratale virus VIRUS KOMPUTER Visitor vitamin vlookup Wajah Wali Wanita warna watermark website widget window explorer Windows WINDOWS 7 WINDOWS 8 windows explorer Windows Phone windows xp WINDOWS_VISTA WinRAR word options wordart Wordpress Wordpress Themes worksheet Xl Yahoo YANG_LAIN Youtube Zakat Zakia zoom