- Misal kita ingin mengetahui penjualan yang telah dilakukan Sales (Maya) telah lunas berapa unit, yang masih proses berapa unit.
- Taruh posisi kursor di tempat hasil penjumlahan akan diletakkan, misalkan pada sel E18
- Ketik fungsi =SUMIFS( pada sel tersebut atau pada formula bar yang terletak di atas
- Kemudian blok area yang akan dijumlahkan bila kondisi terpenuhi, misal area sel D5:D14 (warna merah).
- Ketik , (koma) atau ; (titik koma) bila anda menggunakan separator titik koma
- Untuk Kriteria pertama, Selanjutnya blok area sel yang berisi kriteria atau kondisi yang akan dibandingkan, misalkan area sel nama sales C5:C14 (warna biru pada gambar)
- Ketik , (koma) atau ; (titik koma) bila anda menggunakan separator titik koma
- Selanjutnya ketikkan syarat yang ditentukan. Pilih langsung merujuk ke sel yang memiliki persyaratan misal sel C18 (warna biru, berisi tulisan maya).
- Ketik , (koma) atau ; (titik koma) bila anda menggunakan separator titik koma lagi
- Untuk Kriteria kedua, blok area sel yang berisi kriteria atau kondisi yang akan dibandingkan, misalkan area sel nama sales E5:E14 (warna kuning pada gambar)
- Ketik , (koma) atau ; (titik koma) bila anda menggunakan separator titik koma lagi
- Selanjutnya ketikkan syarat yang ditentukan. Pilih langsung merujuk ke sel yang memiliki persyaratan misal sel E17 (warna kuning, berisi tulisan "PROSES").
- Ketik ) (tutup kurung), sehingga rumus SUMIF terebut selengkapnya menjadi =SUMIFS(D5:D14,C5:C14,C18,E5:E14,E17)
- Tekan tombol ENTER
- Hasil penjumlahan untuk sales maya dengan kategori "PROSES" berjumlah 2 (Kalau tidak percaya, silahkan anda cek secara manual hasilnya :D )
Cara Penjumlahan Nilai Beberapa Kategori Tertentu di Ms Excel
Untuk penjumlahan kategori yang lain anda bisa menggunakan copy/paste. Tapi harus anda ingat, sebelum di-copy untuk area sel harus anda tambahkan tanda dolar sehingga rumus tersebut menjadi : =SUMIFS($D$5:$D$14,$C$5:$C$14,$C18,$E$5:$E$14,E$17)Selamat Mencoba :)
Post a Comment for "Cara Penjumlahan Nilai Beberapa Kategori Tertentu di Ms Excel"