Microsoft Excel memiliki fasilitas untuk melakukan pengurutan data dengan didasarkan atas dua kolom atau lebih. Cara untuk melakukan pengurutan data tersebut tidak jauh berbeda dengan pengurutan data berdasarkan hanya satu buah kolom saja. Yang kita perlu lakukan hanyalah menambah jumlah tingkatan (level) untuk melakukan pengurutan. Contoh ini merupakan kelanjutan dari contoh pengurutan data pada artikel sebelumnya. Perhatikan, kita membuat blok sel termasuk dengan judul baris (header row) sehingga otomatis Excel pun akan mendeteksi data yang kita gunakan memiliki header( ada tanda check pada item My data has headers). Bila anda ingin mengurutkan semuanya (termasuk baris yang pertama), maka hilangkan tanda check pada item My Data has headers
- Blok sel yang akan diurutkan / disortir
- Selanjutnya klik ribbon Home
- lalu pada bagian kanan ribbon pilih tombol Sort & Filter
- Klik item Custom sort karena kita ingin mengurutkan berdasarkan nilai skill (kolom ketiga)
- Misalkan pengurutan dilakukan berdasarkan skill terlebih dahulu, setelah itu baru berdasarkan nama. Jadi untuk orang yang memiliki nilai yang sama akan diurutkan berdasarkan namanya.
- Pengurutan berdasarkan nilai dimulai dari yang terbesar hingga ke yang terkecil
- Klik isi kotak Sort By lalu pilih item skill
- Klik order ganti isinya dengan Largest to smallest
- Pengurutan berdasarkan nama dimulai dari yang berawalan A hingga Z
- Klik tombol Add Level
- Klik isi kotak Then By lalu pilih item nama
- Klik order ganti isinya dengan A to Z
- Klik tombol OK.
- Data akan diurutkan berdasarkan nilai yang terbesar terlebih dahulu, setelah itu untuk nilai yang sama akan diurutkan berdasarkan nama
Post a Comment for "Cara Sortir Data Berdasarkan Dua Kolom atau lebih Di Excel"