Seperti halnya baris dan kolom, worksheet atau lembar kerja microsoft excel juga bisa kita sembunyikan / hide. Bila worksheet yang kita miliki banyak dan ada beberapa diantaranya yang sudah "fix" atau sudah jadi sehingga tidak perlu diubah lagi kita bisa menyembunyikan worksheet tersebut untuk sementara waktu. Dengan menyembunyikannya maka jumlah worksheet yang ditampilkan akan menjadi lebih sedikit atau berkurang sehingga kita bisa bekerja lebih fokus pada sisa worksheet yang sedang ditampilkan saja. Meskipun demikian, semua nilai maupun rumus yang ada di worksheet yang disembunyikan akan tetap ada sehingga tetap bisa digunakan dan tidak mengganggu referensi sel pada worsheet yang aktif / tampil.
Secara umum ada dua cara yang bisa digunakan untuk menyembunyikan worksheet yakni melalui ribbon Home atau melalui popup menu dari sheet. Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut
Menyembunyikan Worksheet melalui Ribbon Home
- Pilih dan aktifkan worksheet yang akan disembunyikan
- Selanjutnya klik ribbon Home
- Lalu pada grup Cells klik tombol Format
- Klik tombol Hide & Unhide ;
- Kemudian klik item Hide Sheet .
- Worksheet yang aktif akan disembunyikan
Cara Cepat Menyembunyikan Worksheet
Untuk menyembunyikan worksheet dengan cepat anda dapat menggunakan popup menu dari worksheet. Cara ini yang biasa saya gunakan untuk menyembunyikan worksheet di microsoft excel.- Klik kanan pada worksheet yang akan disembunyikan, misalkan pada Sheet2 .
- Pada popup menu pilih item Hide
- Microsoft Excel akan menyembunyikan worksheet yang anda pilih.
Tips Cara menyembunyikan Worksheet Microsoft Excel
- Untuk menyimpan beberapa worksheet sekaligus anda dapat menggunakan tombol SHIFT atau CTRL saat memilih group worksheet
- Untuk menampilkan kembali worksheet yang disembunyikan anda dapat menggunakan tombol "Unhide sheet " dari ribbon home, atau melalui "Unhide " pada popup menu
Post a Comment for "Cara Menyembunyikan Worksheet Ms Excel"