Ada berbagai macam fungsi yang disediakan di microsoft Excel, dan salah satu yang paling sering digunakan adalah fungsi logika yang diantaranya adalah fungsi AND() dan OR(). Fungsi logika merupakan fungsi yang didasarkan pada nilai Boolean yakni FALSE dan bukan FALSE (sering disebut dengan TRUE). Konsepnya adalah nilai 0 akan dianggap FALSE, sedangkan nilai bukan 0 (bisa positif atau negatif) akan dianggap sebagai NOT FALSE (TRUE). Fungsi AND() dan OR() sering digunakan untuk menggabungkan atau mengevaluasi suatu kondisi atau keadaan dari beberapa nilai boolean.
Cara menggunakan kedua fungsi logika tersebut:
AND( boolean1, boolean2, boolean3, …, booleann)
OR( boolean1, boolean2, boolean3, …, booleann)
Kedua fungsi tersebut memiliki cara pemberian parameter yang sama yakni boolean1, boolean2, boolean3, …, booleann. Perbedaannya adalah nilai yang akan dikembalikan atau diberikan oleh kedua fungsi tersebut. Fungsi AND() hanya akan memberikan nilai TRUE jika dan hanya jika semua nilai boolean yang diinputkan bernilai TRUE sedangkan fungsi OR() hanya akan memberikan nilai FALSE jika dan hanya jika semua nilai input adalah FALSE. Atau dengan kata lain fungsi AND() akan mengembalikan nilai FALSE bila ada salah satu nilai input FALSE , sedangkan fungsi OR() akan memberikan nilai TRUE jika ada salah satu nilai input TRUE.
Lihat contoh penggunaan fungsi AND() di atas. Fungsi tersebut akan memberikan nilai false karena ada hasil evaluasi boolean yang bernilai false pada 3 < 1 sehingga evaluasi untuk kondisi yang lain tidak perlu dilakukan lagi.
Pada contoh penggunaan fungsi OR() di atas memberikan nilai TRUE karena ada input yang bernilai TRUE sehingga evaluasi hingga akhir parameter input sudah tidak perlu dilakukan lagi.
Tips Cara Menggunakan Fungsi AND/OR Dalam Excel
Anda dapat menggunakan fungsi AND() atau OR() atau gabungan kedua fungsi tersebut dalam fungsi logika IF(). Misalnya =IF( AND( C4>0, OR( D4>0, E4*E5>0)),"BENAR", "SALAH").
Cara menggunakan kedua fungsi logika tersebut:
AND( boolean1, boolean2, boolean3, …, booleann)
OR( boolean1, boolean2, boolean3, …, booleann)
Kedua fungsi tersebut memiliki cara pemberian parameter yang sama yakni boolean1, boolean2, boolean3, …, booleann. Perbedaannya adalah nilai yang akan dikembalikan atau diberikan oleh kedua fungsi tersebut. Fungsi AND() hanya akan memberikan nilai TRUE jika dan hanya jika semua nilai boolean yang diinputkan bernilai TRUE sedangkan fungsi OR() hanya akan memberikan nilai FALSE jika dan hanya jika semua nilai input adalah FALSE. Atau dengan kata lain fungsi AND() akan mengembalikan nilai FALSE bila ada salah satu nilai input FALSE , sedangkan fungsi OR() akan memberikan nilai TRUE jika ada salah satu nilai input TRUE.
Lihat contoh penggunaan fungsi AND() di atas. Fungsi tersebut akan memberikan nilai false karena ada hasil evaluasi boolean yang bernilai false pada 3 < 1 sehingga evaluasi untuk kondisi yang lain tidak perlu dilakukan lagi.
Pada contoh penggunaan fungsi OR() di atas memberikan nilai TRUE karena ada input yang bernilai TRUE sehingga evaluasi hingga akhir parameter input sudah tidak perlu dilakukan lagi.
Post a Comment for "Cara Menggunakan Fungsi AND/OR Dalam Excel"