Modifikasi Motor Fiz R Balap: Rahasia Performa Balap yang Tak Terkalahkan

Modifikasi Motor Fiz R Balap: Rahasia Performa Balap yang Tak Terkalahkan

Modifikasi motor Fiz R balap adalah kegiatan mengubah atau meningkatkan performa dan tampilan motor Yamaha Fiz R untuk keperluan balap. Modifikasi ini umumnya meliputi perubahan pada mesin, rangka, suspensi, dan sistem pengapian.

Modifikasi motor Fiz R balap memiliki beberapa tujuan, antara lain: meningkatkan kecepatan dan akselerasi, memperbaiki handling dan stabilitas, serta memberikan tampilan yang lebih sporty dan agresif. Modifikasi ini juga dapat disesuaikan dengan regulasi balap yang berbeda-beda.

Berikut ini adalah beberapa topik utama yang akan dibahas dalam artikel ini:

  • Jenis-jenis modifikasi motor Fiz R balap
  • Tips dan trik modifikasi motor Fiz R balap
  • Regulasi balap motor Fiz R
  • Toko-toko dan bengkel yang menyediakan jasa modifikasi motor Fiz R balap

Modifikasi Motor Fiz R Balap

Modifikasi motor Fiz R balap meliputi berbagai aspek penting yang saling berkaitan, meliputi teknis dan estetika. Berikut 10 aspek utamanya:

  • Mesin
  • Rangka
  • Suspensi
  • Sistem Pengapian
  • Bodi
  • Ban
  • Rem
  • Knalpot
  • Ergonomi
  • Bobot

Kecepatan dan akselerasi motor sangat dipengaruhi oleh spesifikasi mesin, seperti kapasitas silinder, rasio kompresi, dan sistem bahan bakar. Rangka yang kuat dan kokoh menjamin stabilitas dan handling yang baik, sementara suspensi yang mumpuni meredam getaran dan meningkatkan kenyamanan berkendara. Sistem pengapian yang optimal memastikan pembakaran yang sempurna, menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Bodi motor didesain aerodinamis untuk meminimalisir hambatan angin, sedangkan ban yang tepat memberikan cengkeraman dan traksi yang baik di berbagai kondisi lintasan. Rem yang pakem menjamin keamanan dan kendali, sementara knalpot yang bebas hambatan meningkatkan performa mesin. Ergonomi yang baik membuat pengendara merasa nyaman dan dapat berkonsentrasi penuh, dan bobot motor yang ringan membuat akselerasi dan handling lebih responsif.

Mesin

Mesin merupakan komponen terpenting dalam modifikasi motor Fiz R balap. Spesifikasi mesin, seperti kapasitas silinder, rasio kompresi, dan sistem bahan bakar, sangat menentukan kecepatan dan akselerasi motor. Modifikasi mesin bertujuan untuk meningkatkan tenaga dan torsi, sehingga motor dapat melaju lebih cepat dan berakselerasi lebih baik.

Salah satu cara untuk meningkatkan tenaga mesin adalah dengan meningkatkan kapasitas silinder. Hal ini dapat dilakukan dengan mengganti piston dan boring dengan ukuran yang lebih besar. Cara lain adalah dengan meningkatkan rasio kompresi, yang membuat campuran udara dan bahan bakar lebih padat sehingga menghasilkan ledakan yang lebih kuat. Sistem bahan bakar yang optimal juga penting untuk memastikan pembakaran yang sempurna, sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Modifikasi mesin harus dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman, karena kesalahan dalam modifikasi dapat merusak mesin. Selain itu, modifikasi mesin juga harus disesuaikan dengan regulasi balap yang berlaku, agar motor tidak didiskualifikasi.

Rangka

Rangka merupakan komponen penting dalam modifikasi motor Fiz R balap. Rangka berfungsi menopang seluruh bagian motor, termasuk mesin, suspensi, dan bodi. Rangka yang kuat dan kokoh akan membuat motor lebih stabil dan mudah dikendalikan saat melaju kencang di lintasan balap.

  • Jenis Rangka

    Ada beberapa jenis rangka yang dapat digunakan untuk modifikasi motor Fiz R balap, antara lain rangka deltabox, rangka twin spar, dan rangka trellis. Pemilihan jenis rangka tergantung pada jenis balapan dan gaya berkendara.

  • Material Rangka

    Rangka motor Fiz R balap biasanya terbuat dari bahan aluminium atau baja. Aluminium lebih ringan dan kuat, namun lebih mahal dari baja. Baja lebih berat dan kurang kuat, namun lebih murah dan mudah dibentuk.

  • Modifikasi Rangka

    Modifikasi rangka dapat dilakukan untuk meningkatkan kekuatan, kekakuan, dan stabilitas rangka. Modifikasi dapat berupa pengelasan tambahan, penggantian bagian rangka, atau penambahan bracing.

  • Pengaruh Rangka terhadap Performa Motor

    Rangka yang kuat dan kokoh akan membuat motor lebih stabil saat melaju kencang dan bermanuver. Rangka yang ringan akan membuat motor lebih responsif dan berakselerasi lebih cepat.

Modifikasi rangka harus dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman, karena kesalahan dalam modifikasi dapat membuat rangka menjadi lemah dan berbahaya. Selain itu, modifikasi rangka juga harus disesuaikan dengan regulasi balap yang berlaku, agar motor tidak didiskualifikasi.

Suspensi

Suspensi merupakan komponen penting dalam modifikasi motor Fiz R balap. Suspensi berfungsi meredam getaran dan guncangan yang terjadi pada motor saat melaju di lintasan balap. Suspensi yang baik akan membuat motor lebih nyaman dan stabil dikendarai, sehingga pembalap dapat berkonsentrasi penuh pada balapan.

  • Jenis Suspensi

    Ada beberapa jenis suspensi yang dapat digunakan untuk modifikasi motor Fiz R balap, antara lain suspensi teleskopik, suspensi monoshock, dan suspensi link. Pemilihan jenis suspensi tergantung pada jenis balapan dan gaya berkendara.

  • Komponen Suspensi

    Suspensi terdiri dari beberapa komponen, antara lain per, shockbreaker, dan lengan ayun. Per berfungsi menyimpan energi dan meredam getaran, shockbreaker berfungsi meredam guncangan, dan lengan ayun berfungsi menghubungkan suspensi dengan rangka motor.

  • Modifikasi Suspensi

    Modifikasi suspensi dapat dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, stabilitas motor, dan performa keseluruhan. Modifikasi dapat berupa penggantian per, shockbreaker, atau lengan ayun dengan komponen yang lebih baik.

  • Pengaruh Suspensi terhadap Performa Motor

    Suspensi yang baik akan membuat motor lebih nyaman dikendarai, lebih stabil saat bermanuver, dan lebih responsif saat berakselerasi dan mengerem. Suspensi yang tepat akan membantu pembalap mendapatkan catatan waktu terbaik di lintasan balap.

Modifikasi suspensi harus dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman, karena kesalahan dalam modifikasi dapat membuat suspensi menjadi tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, modifikasi suspensi juga harus disesuaikan dengan regulasi balap yang berlaku, agar motor tidak didiskualifikasi.

Sistem Pengapian

Sistem pengapian merupakan komponen penting dalam modifikasi motor Fiz R balap. Fungsinya adalah untuk menghasilkan percikan api yang akan membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam mesin. Sistem pengapian yang baik akan membuat motor lebih mudah dihidupkan, lebih responsif, dan lebih bertenaga.

Modifikasi sistem pengapian pada motor Fiz R balap dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

  • Mengganti busi dengan busi yang lebih dingin
  • Mengganti koil pengapian dengan koil yang lebih besar
  • Mengganti regulator tegangan dengan regulator yang lebih baik
  • Memasang CDI (Capacitive Discharge Ignition) aftermarket

Modifikasi sistem pengapian tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas percikan api, sehingga pembakaran campuran udara dan bahan bakar menjadi lebih sempurna. Hasilnya, tenaga mesin meningkat dan motor menjadi lebih responsif. Namun, perlu diingat bahwa modifikasi sistem pengapian harus dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman, karena kesalahan dalam modifikasi dapat merusak komponen-komponen sistem pengapian.

Bodi

Bodi merupakan komponen penting dalam modifikasi motor Fiz R balap. Bodi berfungsi untuk melindungi mesin, rangka, dan komponen-komponen lainnya dari kotoran, debu, dan air. Selain itu, bodi juga berperan penting dalam aerodinamika motor, sehingga dapat mempengaruhi kecepatan dan stabilitas motor saat melaju di lintasan balap.

Modifikasi bodi pada motor Fiz R balap biasanya dilakukan dengan cara mengganti bodi standar dengan bodi racing yang terbuat dari bahan ringan, seperti fiberglass atau karbon fiber. Bodi racing didesain secara aerodinamis untuk meminimalisir hambatan angin, sehingga motor dapat melaju lebih cepat dan stabil. Selain itu, bodi racing juga biasanya dilengkapi dengan lubang-lubang untuk ventilasi, sehingga mesin dapat bekerja lebih optimal.

Modifikasi bodi pada motor Fiz R balap tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan performa, tetapi juga untuk meningkatkan tampilan motor. Bodi racing yang didesain dengan baik dapat membuat motor terlihat lebih sporty dan agresif. Namun, perlu diingat bahwa modifikasi bodi harus dilakukan dengan hati-hati, karena kesalahan dalam modifikasi dapat merusak bodi atau mengganggu aerodinamika motor.

Ban

Ban merupakan komponen penting dalam modifikasi motor Fiz R balap. Ban berfungsi untuk menyalurkan tenaga mesin ke jalan, sehingga motor dapat melaju dengan baik. Ban juga berfungsi untuk meredam getaran dan guncangan yang terjadi pada motor saat melaju di lintasan balap. Ban yang baik akan membuat motor lebih stabil dan mudah dikendalikan, sehingga pembalap dapat berkonsentrasi penuh pada balapan.

Modifikasi ban pada motor Fiz R balap biasanya dilakukan dengan cara mengganti ban standar dengan ban racing yang memiliki kompon lebih keras dan alur tapak yang lebih sedikit. Ban racing didesain khusus untuk digunakan di lintasan balap, sehingga memiliki daya cengkeram yang lebih baik dan lebih tahan terhadap aus. Selain itu, ban racing juga lebih ringan dari ban standar, sehingga dapat mengurangi bobot motor dan meningkatkan akselerasi.

Pemilihan ban yang tepat sangat penting untuk performa motor Fiz R balap. Ban yang terlalu keras akan membuat motor kurang nyaman dikendarai dan lebih mudah tergelincir, sedangkan ban yang terlalu lunak akan cepat aus dan mengurangi daya cengkeram. Oleh karena itu, pembalap harus memilih ban yang sesuai dengan kondisi lintasan dan gaya berkendara.

Rem

Dalam modifikasi motor Fiz R balap, sistem pengereman memainkan peran penting dalam keselamatan dan performa pembalap. Modifikasi rem bertujuan untuk meningkatkan daya pengereman, sehingga motor dapat dihentikan dengan lebih cepat dan efektif. Ada beberapa aspek utama dalam modifikasi rem motor Fiz R balap:

  • Penggantian Kampas Rem

    Kampas rem yang lebih keras dan memiliki koefisien gesek lebih tinggi dapat meningkatkan daya pengereman. Kampas rem racing biasanya terbuat dari bahan seperti karbon atau keramik.

  • Penggantian Cakram Rem

    Cakram rem yang lebih besar dan berlubang dapat meningkatkan kemampuan pendinginan dan mengurangi risiko terjadinya rem blong. Cakram rem racing biasanya terbuat dari bahan seperti baja atau aluminium.

  • Penggunaan Selang Rem Bertekanan Tinggi

    Selang rem bertekanan tinggi dapat mengurangi pengembangan selang saat pengereman, sehingga menghasilkan respons rem yang lebih baik dan lebih presisi.

  • Pemasangan Master Rem Aftermarket

    Master rem aftermarket dapat memberikan tekanan hidraulik yang lebih besar, sehingga meningkatkan daya pengereman. Master rem racing biasanya memiliki ukuran piston yang lebih besar dan terbuat dari bahan aluminium atau titanium.

Dengan melakukan modifikasi pada sistem rem, pembalap dapat meningkatkan kepercayaan diri saat memasuki tikungan dan mengurangi risiko kecelakaan. Modifikasi rem yang tepat dapat membantu pembalap mendapatkan catatan waktu yang lebih baik dan meningkatkan keselamatan di lintasan balap.

Knalpot

Pada modifikasi motor Fiz R balap, knalpot memiliki peran penting dalam meningkatkan performa mesin. Knalpot berfungsi untuk mengalirkan gas buang dari mesin dan meredam tingkat kebisingan yang dihasilkan. Modifikasi knalpot dapat berpengaruh pada tenaga, torsi, dan efisiensi bahan bakar motor.

Salah satu tujuan utama modifikasi knalpot adalah untuk mengurangi hambatan aliran gas buang. Knalpot racing biasanya memiliki desain dan diameter yang lebih besar dibandingkan knalpot standar. Hal ini memungkinkan gas buang mengalir lebih lancar, sehingga mengurangi tekanan balik pada mesin. Pengurangan tekanan balik ini dapat meningkatkan tenaga dan torsi motor.

Selain itu, modifikasi knalpot juga dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Knalpot racing yang didesain dengan baik dapat membantu mesin bekerja lebih efisien dengan mengoptimalkan aliran gas buang. Hasilnya, konsumsi bahan bakar dapat berkurang dan jarak tempuh motor menjadi lebih jauh.

Ergonomi

Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dan lingkungan kerjanya, dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, efisien, dan aman. Dalam konteks modifikasi motor Fiz R balap, ergonomi memegang peranan penting dalam menciptakan posisi berkendara yang optimal bagi pembalap, sehingga dapat meningkatkan performa dan keselamatan saat balapan.

  • Posisi Berkendara

    Posisi berkendara yang ergonomis memungkinkan pembalap untuk mengontrol motor dengan nyaman dan efektif. Modifikasi pada setang, jok, dan footstep dapat dilakukan untuk menyesuaikan posisi berkendara sesuai dengan postur tubuh dan gaya balap pembalap.

  • Kontrol Motor

    Tuas rem, tuas kopling, dan pedal gas harus ditempatkan dalam posisi yang mudah dijangkau dan dioperasikan oleh pembalap. Modifikasi pada handel dan pedal dapat dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan presisi saat mengendalikan motor.

  • Visibilitas

    Pembalap harus memiliki visibilitas yang baik ke depan dan ke samping untuk menghindari bahaya dan membuat keputusan yang tepat saat balapan. Modifikasi pada fairing, kaca spion, dan lampu dapat dilakukan untuk meningkatkan visibilitas pembalap.

  • Kenyamanan

    Posisi berkendara yang ergonomis juga harus memperhatikan kenyamanan pembalap, terutama saat balapan jarak jauh. Modifikasi pada jok, suspensi, dan stang dapat dilakukan untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kenyamanan pembalap.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip ergonomi dalam modifikasi motor Fiz R balap, pembalap dapat meningkatkan kenyamanan, performa, dan keselamatan mereka saat balapan. Ergonomi yang baik memungkinkan pembalap untuk berkonsentrasi penuh pada balapan tanpa terganggu oleh ketidaknyamanan atau kesulitan dalam mengendalikan motor.

Bobot

Dalam modifikasi motor Fiz R balap, bobot memegang peranan penting dalam meningkatkan performa dan handling motor. Bobot yang lebih ringan dapat membuat motor lebih lincah, berakselerasi lebih cepat, dan mengerem lebih efektif.

  • Pengurangan Bobot

    Modifikasi untuk mengurangi bobot motor dapat dilakukan dengan mengganti komponen-komponen standar dengan komponen yang lebih ringan, seperti penggunaan velg racing, knalpot racing, serta jok balap yang terbuat dari bahan karbon fiber.

  • Distribusi Bobot

    Selain mengurangi bobot secara keseluruhan, distribusi bobot juga perlu diperhatikan. Bobot motor harus didistribusikan secara merata untuk meningkatkan stabilitas dan handling. Hal ini dapat dilakukan dengan menempatkan baterai dan komponen lainnya secara strategis.

  • Pengaruh Bobot terhadap Akselerasi

    Bobot motor yang lebih ringan akan membuat motor lebih mudah berakselerasi. Hal ini karena bobot yang lebih ringan mengurangi hambatan yang harus diatasi oleh mesin saat motor berakselerasi.

  • Pengaruh Bobot terhadap Handling

    Bobot motor yang lebih ringan juga akan membuat motor lebih mudah dikendalikan dan bermanuver. Hal ini karena bobot yang lebih ringan mengurangi momen inersia, sehingga motor lebih mudah untuk dibelokkan dan dikendalikan.

Dengan memperhatikan bobot dan melakukan modifikasi yang tepat, pembalap dapat meningkatkan performa dan handling motor Fiz R balap mereka secara signifikan, sehingga dapat meraih catatan waktu yang lebih baik dan meningkatkan peluang kemenangan di lintasan balap.

Pertanyaan Umum tentang Modifikasi Motor Fiz R Balap

Modifikasi motor Fiz R balap merupakan aktivitas yang kompleks dan melibatkan banyak aspek teknis. Berikut beberapa pertanyaan umum dan jawabannya untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang topik ini:

Pertanyaan 1: Apa tujuan utama modifikasi motor Fiz R balap?

Modifikasi motor Fiz R balap bertujuan untuk meningkatkan performa dan handling motor agar sesuai dengan kebutuhan balap. Modifikasi meliputi peningkatan tenaga mesin, optimalisasi sistem suspensi, pengurangan bobot, dan peningkatan aerodinamika.

Pertanyaan 2: Apa saja aspek utama yang dimodifikasi pada motor Fiz R balap?

Aspek utama yang dimodifikasi antara lain mesin, rangka, suspensi, sistem pengapian, bodi, ban, rem, knalpot, ergonomi, dan bobot. Setiap aspek memiliki pengaruh signifikan terhadap performa dan handling motor secara keseluruhan.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara meningkatkan performa mesin motor Fiz R balap?

Peningkatan performa mesin dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti meningkatkan kapasitas silinder, mengoptimalkan rasio kompresi, dan memasang sistem bahan bakar yang lebih efisien. Modifikasi ini harus dilakukan oleh mekanik berpengalaman untuk memastikan keamanan dan keandalan.

Pertanyaan 4: Apa peran sistem suspensi dalam modifikasi motor Fiz R balap?

Sistem suspensi memainkan peran penting dalam menyerap guncangan dan getaran saat motor melaju di lintasan balap. Modifikasi suspensi bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, stabilitas motor, dan performa secara keseluruhan.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mengurangi bobot motor Fiz R balap?

Pengurangan bobot dapat dilakukan dengan mengganti komponen standar dengan komponen yang lebih ringan, seperti velg racing, knalpot racing, dan bodi berbahan karbon fiber. Distribusi bobot juga perlu diperhatikan untuk meningkatkan stabilitas dan handling motor.

Pertanyaan 6: Apa saja regulasi yang harus diperhatikan dalam modifikasi motor Fiz R balap?

Modifikasi motor Fiz R balap harus sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh penyelenggara balapan. Regulasi ini meliputi spesifikasi mesin, sistem pengereman, dan aspek keselamatan lainnya. Pembalap harus mengikuti regulasi dengan cermat untuk menghindari diskualifikasi.

Dengan memahami aspek-aspek yang dibahas dalam pertanyaan umum ini, Anda akan memperoleh pengetahuan yang lebih komprehensif tentang modifikasi motor Fiz R balap. Modifikasi yang tepat dan sesuai dengan regulasi akan menghasilkan motor balap yang kompetitif dan aman dikendarai.

Kemudian, kita akan beralih pada pembahasan mengenai tips dan trik modifikasi motor Fiz R balap secara lebih mendalam.

Tips Modifikasi Motor Fiz R Balap

Modifikasi motor Fiz R balap membutuhkan perencanaan yang matang dan eksekusi yang cermat. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda memaksimalkan performa motor balap Anda:

Tip 1: Tentukan Tujuan Modifikasi

Sebelum melakukan modifikasi, tentukan tujuan yang ingin dicapai. Apakah Anda ingin meningkatkan kecepatan, handling, atau keduanya? Menentukan tujuan akan membantu Anda fokus pada aspek-aspek penting yang perlu dimodifikasi.

Tip 2: Riset dan Konsultasi

Lakukan riset mendalam dan berkonsultasilah dengan mekanik berpengalaman sebelum memulai modifikasi. Pelajari berbagai pilihan komponen dan teknik modifikasi untuk menemukan solusi terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Tip 3: Tingkatkan Performa Mesin Secara Bertahap

Modifikasi mesin harus dilakukan secara bertahap dan terukur. Jangan langsung melakukan ubahan ekstrem, karena dapat berdampak negatif pada keandalan mesin. Mulailah dengan peningkatan kecil, uji coba, dan evaluasi hasilnya sebelum melakukan modifikasi lebih lanjut.

Tip 4: Perhatikan Sistem Suspensi

Sistem suspensi sangat penting untuk handling dan stabilitas motor balap. Pilih komponen suspensi yang sesuai dengan karakteristik lintasan dan gaya berkendara Anda. Atur setelan suspensi dengan tepat untuk mengoptimalkan performa motor.

Tip 5: Kurangi Bobot Secara Cermat

Pengurangan bobot dapat meningkatkan akselerasi dan handling motor. Namun, lakukan pengurangan bobot secara cermat dan bijaksana. Hindari melepas komponen penting yang dapat membahayakan keselamatan atau keandalan motor.

Tip 6: Perhatikan Aerodinamika

Aerodinamika berperan penting dalam kecepatan motor balap. Modifikasi bodi dan fairing dapat mengurangi hambatan angin dan meningkatkan stabilitas saat melaju kencang. Pastikan modifikasi aerodinamika sesuai dengan regulasi balap.

Tip 7: Ikuti Regulasi Balap

Pastikan semua modifikasi yang dilakukan sesuai dengan regulasi balap yang berlaku. Hal ini penting untuk menghindari diskualifikasi dan memastikan keselamatan pembalap dan peserta lainnya.

Tip 8: Lakukan Pengujian dan Evaluasi

Setelah melakukan modifikasi, lakukan pengujian menyeluruh untuk mengevaluasi performa motor. Catat hasil pengujian dan lakukan penyesuaian yang diperlukan untuk mengoptimalkan performa dan memastikan motor siap untuk balapan.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memaksimalkan potensi motor Fiz R balap Anda dan meningkatkan peluang meraih hasil terbaik di lintasan balap.

Kesimpulan

Modifikasi motor Fiz R balap merupakan kegiatan yang kompleks dan membutuhkan pemahaman mendalam tentang aspek teknis motor balap. Dari mesin hingga suspensi, setiap komponen memainkan peran penting dalam meningkatkan performa dan handling motor.

Dengan perencanaan yang matang, riset yang cermat, dan eksekusi yang tepat, modifikator dapat memaksimalkan potensi motor Fiz R balap mereka. Modifikasi yang dilakukan secara bertahap, memperhatikan regulasi balap, dan mengedepankan keselamatan akan menghasilkan motor balap yang kompetitif dan siap menaklukkan lintasan.

Images References :

Post a Comment for "Modifikasi Motor Fiz R Balap: Rahasia Performa Balap yang Tak Terkalahkan"

Labels

000webhost Accessory Achikochi Ada Band add ons adobe flash adsense aerasi Aero Afgan air air bersih air tanah akses akun alami alexa Amy Search ANDROID animasi ANTI VIRUS ANTI-SPYWARE antivirus ANTIVIRUS PORTABLE / INDONESIA ANTIVIRUS PORTABLE LUAR NEGERI Aperture aplikasi arang Armada Arsitektur Artikel AUDIO and VIDEO automatic update average avira backup bagan baking soda bandwidth bandwith bar baris batang batita batterai bau Bawang Bayi bekas belajar berat badan Bisnis bitcomet BlackBerry blank Blog Blog Berita Blogger Blogger Indonesia Blogger Template Blogging blogspot Bokeh Bola BONTANG browser Buah bullet Bunga Citra Lestari (BCL) cache Cakra Khan Calvin Jeremy Camera cara cepat cara instan cara praktis cell Cerita Cerita Horor Cerita Lucu Cerpen cetak chart charts Cherrybelle chrome Cinta clip art cms contoh Contoh Foto control panel convert cpanel cuka apel Curhat Curug Cisadane Curug di Bogor D'Bagindas D'Essentials D'Paspor Dadali dasar data Daun daur ulang default dehidrasi Dekorasi denah Denah Rumah Desain Desain Apartemen Desain Interior desain kamar Desain Kamar Mandi Desain Kantor Desain Minimalis Desain Ruang Tamu desain rumah Desain Rumah desain rumah minimalis desktop Dewasa Di Indonesia Diabetes diare diet dinding display dns DoF dokumen Domain download DOWNLOAD GAME DOWNLOAD LAGU-LAGU MP3 DOWNLOAD SOFTWARE DOWNLOAD SOFTWARE UTILITIES Drama Korea drawing Dream High drive Driver DSLR Ebiet G Ade EDIT FOTO editing Efek Foto eksterior elemen komposisi Email Emoticon Entertaiment equation editor Exposure FACEBOOK Fashion Fatin Shidqia Lubis fermentasi fields file film Film Korea find and replace firefox flashdisk flashgot folder font format format cells format tulisan formula Foto free fungsi Gadet Gadget gadgets Gambar gambar rumah gambar sketsa rumah adat gambar sketsa rumah hitam putih gambar sketsa rumah kartun gambar sketsa rumah mewah gambar sketsa rumah minimalis gambar sketsa rumah minimalis 3 kamar gambar sketsa rumah mudah gambar sketsa rumah panggung gambar sketsa rumah sederhana gambar sketsa rumah sederhana tampak depan gambar sketsa wajah anime gambar sketsa wajah dari samping gambar sketsa wajah jimin bts gambar sketsa wajah kartun gambar sketsa wajah menangis gambar sketsa wajah mudah ditiru gambar sketsa wajah wanita gambar sketsa wajah wanita berhijab dari samping gambar sketsa wajah wanita dari samping Games Gamma 1 Band garam garis Geisha Genre gigi Giselle Global gmail Google google chrome GOOGLE TRANSLATE grafik gratis grid gula halaman Hamil Handphone Handphone Trik hapus harddisk hardware Hari Raya Idul Fitri 1432 H header and footer Hello hemat herbal hobi Home Design Honda Hosting Hotel Hunting HUTAN MANGROVE / BAKAU ibu hamil icon iklan INFORMASI / BERITA Inka Christy Insomnia INSTAL ULANG WINDOWS 7/VISTA INSTAL ULANG WINDOWS XP interior Internet internet explorer Iphone Islam ISO Iwan Fals Jerawat Jeremy Teti Jilbab JKT48 Jual Beli Judika Julia Perez Jurnalisme kalsium Kamar Kangen Band Kanker Kata Bijak Kata Cinta Kata Gombal Kata Indah Kata Islami Kata Kata Kata Lebay Kata Lucu Kata Motivasi Kata Mutiara Kata Romnatis Kata Sayang Kata-kata Hari Raya Kata-Kata Lebaran Katon Bagaskara kaya kebugaran Kecantikan kecepatan kedelai kejahatan keringat kertas kerusakan Kesehatan keuangan keyboard shortcut keyboardshortcut klorin kode html kolom kompresi KOMPUTER kondisional koneksi konfigurasi konsep konten Kontes Seo konversi Korea Kue kuliah Kunyit Lagu laptop Last Child lemon Lensa level Liburan Akhir Pekan Lighting limbah lingkungan link LINUX list LOGAM BERAT logika Lowongan Macro Madu Magazine Style Makalah makanan Maliq malware manajemen file mangan manual margin Maroon 5 matematika Materi Kuliah Maudy Ayunda melahirkan MEMPERCANTIK FLASHDISK MENCEGAH SCRIPT BERBAHAYA MENGEDIT FOTO ONLINE menghitung MENGOPTIMALKAN BROWSER DAN RAM MENINGKATKAN PERFORMA KOMPUTER MENINGKATKAN TRAFFIC BLOG menu Meta Tag micosoft word microsoft access microsoft excel microsoft powerpoint microsoft windows microsoft word Mito Mivo TV MNCTV Mobil model rumah Modem monitor Motivasi Motivasi Blogging MotoGp mouse Movie mozilla Mozilla Firefox Mp3 ms paint multilevel multimedia Mulut muntah Musikimia natural navigasi Nexian Nirwana Band Noah Nokia nomor Nonton TV nort numbering obat objects One Piece online opera Operating System Opick Opini orbit downloader otomatis Otomotif Outdoor panduan Panning Pantun paragraf partisi password PC Tablet pdf pemasaran Pemula penampilan pencarian pencegahan pencurian Pendidikan penelitian pengenalan Pengunduran Diri pengunjung penjualan penyakit mulut PERBAIKAN KOMPUTER Perbandingan performa Personal Peterpan Photo photoshop Pixel plafon plastik plugins posting Potrait power powerpoint options PPC presisi Preview printer produk Profile program Property Proposal Provider Puasa publikasi Puisi Puisi Cinta Puisi Sedih quota racun Rambut Rating RCTI registry REGISTRY WINDOWS repair Repvblik Resep restart restore Review ribbon ribbon design ribbon developer ribbon home ribbon insert ribbon layout ribbon view Romantis Rossa rotasi rumah rumah minimalis rumah mungil Rumor rumus Run rusak Sammy Simorangkir sampah sampul saringan saringan air satuan unit search engine sekuritas SEO Seo Contest Sepak Bola separator SEPUTAR PASSWORD series SERP setting Seventeen shape shapes Shireen Sungkar shortcut shutdown simbol sistem operasi Siti Badriah Sketsa slide SMS Sms Hari Raya Sms Ucapan Software Sony Ericsson sort sosial SOURCE CODE Sport sqrt start up startup statistik status strawberry stress style sub domain Sule sumif Surat system system restore tabel tampilan tanggal Task Manager taskbar TATASURYA Tegar Teknisi teks telinga Telkomsel Tempat Wisata Dekat Jakarta template Template Blog TENTANG BLACKBERRY (BB) TENTANG HANDPHONE (HP) TENTANG OTAK MANUSIA terapi Terms theme therapi timing Tipe-X Tips Tips and Trik TIPS dan TRIK KOMPUTER/INTERNET Tips Internet Tips Trick Blogger TIPS TRIK BLOG Tomat toolbar Tools traffic Trend 2012 trik TRIK AKSES REMOTE Trik Gratis Three TRIK JARINGAN TRIK MEMAKSIMALKAN KAMERA tulang tulisan Tulus Tutorial TV One TWITTER uang UANG DARI INTERNET UBUNTU/LINUX Ucapan Lebaran Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik umum Ungu usaha User Account Ustadz Jefri Al Buchori (Uje) utility vba verifikasi Video Videophotography Vidi Aldiano Vierratale virus VIRUS KOMPUTER Visitor vitamin vlookup Wajah Wali Wanita warna watermark website widget window explorer Windows WINDOWS 7 WINDOWS 8 windows explorer Windows Phone windows xp WINDOWS_VISTA WinRAR Wisata Air Terjun Wisata Alam Bogor word options wordart Wordpress Wordpress Themes worksheet Xl Yahoo YANG_LAIN Youtube Zakat Zakia zoom