Semua Bisa Kena Hernia

Hernia, nama yang indah. Bukan nama perempuan cantik, tetapi gangguan kesehatan yang patut diwaspadai. Orang awam mengenalnya sebagai turun berok atau ketedhun dalam bahasa jawa.
"Jangan mengangkat barang berat atau sering mengejan, nanti turun berok." Peringatan serupa itu sering kita dengar terutama dari orang tua, supaya kita terhindar dari penyakit turun berok.

Hernia berasal dari bahasa Latin, herniae, artinya penonjolan isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga tersebut. Dinding rongga yang lemah itu membentuk kantong dengan pintu berupa cincin. Gangguan ini sering terjadi di perut dengan isi yang keluar berupa bagian usus.

Sebagai gambaran, hernia adalah masuknya isi suatu organ ke dalam kantong karena berbagai sebab. Bisa dibilang, apa pun yang masuk ke kantong dan keluar dari tempatnya disebut hernia. Contohnya, kondisi sebagian organ usus masuk ke kantong yang terdapat pada pusar disebut hernia umbilikal.

Hernia dibedakan atas beberapa jenis, sesuai letaknya. Bila terjadi di paha disebut hernia femoralis, di pusar hernia umbilikalis, dan di sekat rongga dada dinamai hernia diafragmatika. Ada juga hernia inguinalis yang terjadi di lipatan paha.

Hernia insisional terjadi setelah seseorang menjalani operasi. Setelah dibedah, kekuatan jaringan tidak seratus persen kembali seperti semula. Daerah tersebut melemah dan terjadilah hernia.

Sisi kanan
Yang paling sering terjadi adalah hernia inguinalis atau turun berok. Dijelaskan Dr. Nur Rasyid, Sp.U, ahli urologi dari RS Asri, di selangkangan bayi yang belum lahir terdapat saluran. Pada bayi laki-laki, saluran itu merupakan tempat turunnya buah zakar.

Saat usia kehamilan delapan bulan, buah zakar turun dan mengisi kantongnya. Begitu bayi lahir, pipa saluran selangkangan yang berhulu pada dinding perut bagian bawah ini akan menutup. Pada bayi perempuan, pipa tidak terpakai, tetapi akan menutup juga.

"Ada kalanya saluran ini tidak atau kurang sempurna menutup ketika bayi lahir. Ini bisa terjadi pada dua sisi, meski lebih sering terjadi di sisi kanan. Daerah ini menjadi titik lemah potensial terjadinya hernia," katanya.

Saluran yang tidak menutup ini memungkinkan masuknya isi perut seperti usus, dan menonjol keluar dari dinding perut. Tonjolan ini disebut hernia. Karena tonjolan ini menyusup keluar dari saluran tempat keluarnya buah zakar, bisa merambat hingga ke kantong buah zakar, kemudian dikenal dengan turun berok.

Bagian dari tonjolan itu adalah kantong yang menampung usus, organ yang keluar, serta pintu masuk ke lubang cincin hernia.

Pria lebih banyak
Hernia dapat terjadi pada siapa saja dan usia berapa saja. Namun, kaum lelaki lebih sering mengalaminya daripada perempuan.

Pada orang dewasa, hernia terjadi karena dua faktor utama, yaitu adanya otot dinding rongga yang lemah, misalnya perut, atau dorongan yang menyebabkan tekanan di dalam rongga perut meningkat. Hernia ini biasanya terjadi pada usia lanjut karena otot dinding rongga perut melemah.

Pada wanita, kegemukan dapat memungkinkan timbulnya tekanan berlebih di daerah yang lemah. Keadaan tersebut mengakibatkan usus terdorong hingga menonjol keluar.

Beberapa penelitian di Eropa menyatakan kebiasaan merokok, penyakit terkait jaringan ikat, atau diabetes memengaruhi fungsi metabolisme pada jaringan ikat, sehingga berisiko menimbulkan hernia.


Benjolan di lipatan paha
Orang awam bisa mengetahui gejala awal hernia, meski tidak menyadarinya. "Awalnya gejala yang dirasakan adalah adanya benjolan di lipatan paha. Benjolan ini timbul bila berdiri, batuk, bersin, mengejan, atau mengangkat barang berat," ungkap Dr. Nur Rasyid. Namun, benjolan dan keluhan nyeri akan hilang bila penderita berbaring.

Hernia bisa bersifat ringan atau reponibel, yaitu bagian usus yang keluar dapat masuk kembali ke rongga perut jika penderita berbaring atau didorong sendiri oleh penderita. Yang celaka bila hernia sudah lanjut atau ireponibel. Pada tahapan ini isi perut yang keluar tidak dapat masuk kembali meski sudah didorong.

Yang perlu diwaspadai jika cincin hernia berdiameter kecil. Pasalnya, bagian usus yang keluar dapat semakin banyak dan tidak dapat kembali lagi, atau disebut hernia inkaserata. Bisa juga bagian usus yang terjebak tadi mengalami pembusukan dan mati karena tidak mendapat pasokan darah. Kondisi ini disebut hernia strangulata.

Jika dibiarkan terus, racun dari pembusukan tadi akan menyebar ke perut dan bisa menyebabkan infeksi. Bila tidak segera ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan kematian.


Minim sayatan
Tidak semua hernia harus dioperasi. Bila organ yang keluar bisa dimasukkan kembali, penderita hanya perlu memakai penyangga atau korset untuk mempertahankan isi hernia.

Bila tidak dapat dibetulkan lagi letaknya, harus dilakukan operasi untuk menutup dan memperkuat bagian tubuh yang lemah. Otot perut dirapatkan untuk menutup lubang. Operasi hernia merupakan tindakan bedah yang paling sering dilakukan setelah usus buntu.

Zaman dulu operasi dilakukan dengan menempatkan pasien dalam posisi kepala di bawah agar isi hernia masuk ke rongga perut akibat gaya gravitasi bumi. Saat ini sudah ada teknik laparaskopi. Keuntungannya adalah minim sayatan.

Setelah operasi, sebagian pasien masih mengeluhkan bagian yang dioperasi, seperti ada rasa tertarik dan nyeri. Untuk mengatasinya, bisa menggunakan jala sintetis (mesh).


Kenali Pencetusnya
Hernia inguinal lebih sering terjadi pada kaum pria. Kondisi yang dapat memperbesar risiko seseorang terkena hernia inguinal di antaranya:

- Keturunan. Risiko lebih besar jika ada keluarga dekat yang pernah terkena hernia.
- Menderita penyakit tertentu. Penyakit tertentu, seperti batuk kronis, bisa memicu terjadinya tekanan berlebih yang dapat menyebabkan hernia. Sembelit atau konstipasi kronis juga dapat memperbesar risiko hernia.
- Obesitas. Berat badan yang berlebih menyebabkan tekanan berlebih pada tubuh, termasuk di bagian perut. Ini bisa menjadi salah satu pencetus hernia.
- Kehamilan. Kehamilan dapat melemahkan otot di sekitar perut sekaligus memberi tekanan lebih di bagian perut.
- Pekerjaan. Beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan daya fisik dapat menyebabkan terjadinya hernia. Contohnya, pekerjaan buruh angkat barang.
- Kelahiran prematur. Bayi yang lahir prematur lebih berisiko menderita hernia inguinal daripada bayi yang lahir normal.
- Bila seseorang pernah terkena hernia, besar kemungkinan ia akan mengalaminya lagi.

Jika sudah mengetahui faktor risikonya, lakukan pencegahan dengan cara ini:
- Usahakan untuk mempertahankan berat tubuh yang sehat. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan pada otot di bagian perut.
- Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Buah-buahan, sayuran, dan makanan yang terbuat dari gandum sangat disarankan untuk dikonsumsi. Makanan tersebut mengandung banyak serat yang membantu mencegah konstipasi dan mengurangi tekanan di bagian perut.
- Hindari mengangkat barang yang terlalu berat. Jika harus mengangkat barang berat, lakukan dengan cara yang benar. Postur tubuh yang tepat saat mengangkat barang berat, yakni tekuk lutut Anda dan hindari membungkuk untuk mengurangi tekanan.
- Hindari rokok dan asapnya. Rokok beserta asapnya bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti batuk kronis yang dapat mencetuskan hernia.

Gaya Hidup Usai Operasi
Apakah hernia akan sembuh total dengan tindakan operasi? Belum tentu. Hernia bisa kambuh meski penderita sudah menjalani operasi, terutama jika pola hidupnya tidak sehat atau tidak menuruti anjuran dokter.

Untuk mencegah hernia balik lagi setelah operasi, dapat dilakukan beberapa langkah ini.

Dianjurkan:
- Berjalan kaki untuk mempercepat kesembuhan dan meningkatkan kebugaran pascaoperasi.
- Mengatur pola makan. Minum banyak air dan konsumsi makanan tinggi serat untuk membantu pencernaan dan pergerakan lambung.
- Beristirahat selama beberapa hari atau sesuai anjuran dokter.
- Minum obat yang dianjurkan dokter.
- Rutin melakukan pemeriksaan ulang setiap tiga bulan untuk memastikan hasil operasi.
- Jika mempunyai masalah sembelit, sebaiknya segera diobati.

Tidak dianjurkan:
- Melakukan aktivitas yang berkaitan dengan mengangkat barang berat lebih dari 5 kg selama beberapa bulan atau sesuai anjuran dokter.
- Menjalani pola hidup yang menyebabkan batuk seperti merokok.
- Membungkuk terlalu sering.
- Mengalami penambahan berat badan tiba-tiba dalam jumlah banyak atau kegemukan.
- Melakukan aktivitas fisik seperti yoga ataupun senam. Lakukanlah aktivitas yang diperbolehkan dokter.


Latihan Napas Cegah Hernia
Hernia kerap disebut sebagai penyakit para atlet, terutama angkat besi atau angkat berat, karena alasan tekanan yang berlebih pada tubuh. Dr. Michael Triangto, Sp.KO, dari Slim + Health Sport Therapy mengamini hal tersebut.

"Memang olahragawan, terutama atlet angkat besi, lebih berisiko terkena hernia," ujar Dr. Michael.

Meski demikian, para olahragawan tidak perlu cemas. Ketika melakukan olahraga, mereka dapat mengenakan perlengkapan yang bisa mengurangi tekanan pada perut. "Misalnya, atlet angkat besi bisa mengenakan sabuk khusus untuk mengurangi tekanan pada perut. Hal ini dapat mencegah terjadinya hernia umbilikalis, tetapi mereka tetap berpotensi terkena hernia inguinalis," ungkapnya.

Saat ini juga terdapat celana khusus untuk mengurangi risiko terkena hernia inguinalis. "Tetapi, hal tersebut tidak efektif jika si empunya badan membandel, misalnya tetap melakukan aktivitas berat," sebutnya.

Dijelaskan pula oleh Dr. Michael, tekanan yang terjadi pada tubuh sifatnya seperti air. Tekanan tersebut akan mencari tempat yang paling lemah dari tubuh yang disebut lokus minoris resistensi lalu keluar di sana.

"Keluarnya tekanan tersebut bisa menimbulkan hernia," ujarnya.

Ada anggapan bahwa latihan untuk otot di sekitar perut dapat mencegah hernia. Namun, Dr. Michael mengoreksi pendapat tersebut. Menurutnya, untuk mencegah hernia sebaiknya lakukan latihan pernapasan.

"Melatih otot perut agar kuat memang tidak salah. Masalahnya, jika otot perut kuat, tekanan yang dihasilkan dari aktivitas fisik akan mencari titik terlemah pada tubuh," ujarnya.

Ia memberi gambaran pada atlet angkat besi, yang pasti memiliki otot perut kuat. "Nah, karena otot perutnya sudah kuat, tekanan tersebut akan mencari jalan lain, yaitu di daerah skrotum. Karena itu, hernia tetap saja bisa terjadi. Lagipula otot di daerah skrotum tidak bisa dilatih hingga kuat," sebutnya.

Ia pun menyarankan latihan napas di sela-sela kegiatan fisik yang berat guna menghindari hernia. Ia mencontohkan, seseorang biasanya akan menahan napas ketika menahan beban berat. Hal tersebut menimbulkan tekanan yang besar, terutama pada bagian perut.

Untuk mengurangi tekanan tadi, napas harus dibuang, bukannya ditahan ketika mengangkat beban berat. "Memang susah untuk membiasakan diri melakukannya, tetapi hal ini efektif untuk mencegah hernia secara alami tanpa alat bantu," katanya.
Sumber: Senior
http://dedepurnama.blogspot.com

Post a Comment for "Semua Bisa Kena Hernia"

Labels

000webhost Accessory Achikochi Ada Band add ons adobe flash adsense aerasi Aero Afgan air air bersih air tanah akses akun alami alexa Amy Search ANDROID animasi ANTI VIRUS ANTI-SPYWARE antivirus ANTIVIRUS PORTABLE / INDONESIA ANTIVIRUS PORTABLE LUAR NEGERI Aperture aplikasi arang Armada Arsitektur Artikel AUDIO and VIDEO automatic update average avira backup bagan baking soda bandwidth bandwith bar baris batang batita batterai bau Bawang Bayi bekas belajar berat badan Bisnis bitcomet BlackBerry blank Blog Blog Berita Blogger Blogger Indonesia Blogger Template Blogging blogspot Bokeh Bola BONTANG browser Buah bullet Bunga Citra Lestari (BCL) cache Cakra Khan Calvin Jeremy Camera cara cepat cara instan cara praktis cell Cerita Cerita Horor Cerita Lucu Cerpen cetak chart charts Cherrybelle chrome Cinta clip art cms contoh Contoh Foto control panel convert cpanel cuka apel Curhat D'Bagindas D'Essentials D'Paspor Dadali dasar data Daun daur ulang default dehidrasi Dekorasi denah Denah Rumah Desain Desain Apartemen Desain Interior desain kamar Desain Kamar Mandi Desain Kantor Desain Minimalis Desain Ruang Tamu desain rumah Desain Rumah desain rumah minimalis desktop Dewasa Di Indonesia Diabetes diare diet dinding display dns DoF dokumen Domain download DOWNLOAD GAME DOWNLOAD LAGU-LAGU MP3 DOWNLOAD SOFTWARE DOWNLOAD SOFTWARE UTILITIES Drama Korea drawing Dream High drive Driver DSLR Ebiet G Ade EDIT FOTO editing Efek Foto eksterior elemen komposisi Email Emoticon Entertaiment equation editor Exposure FACEBOOK Fashion Fatin Shidqia Lubis fermentasi fields file film Film Korea find and replace firefox flashdisk flashgot folder font format format cells format tulisan formula Foto free fungsi Gadet Gadget gadgets Gambar gambar rumah gambar sketsa rumah adat gambar sketsa rumah hitam putih gambar sketsa rumah kartun gambar sketsa rumah mewah gambar sketsa rumah minimalis gambar sketsa rumah minimalis 3 kamar gambar sketsa rumah mudah gambar sketsa rumah panggung gambar sketsa rumah sederhana gambar sketsa rumah sederhana tampak depan gambar sketsa wajah anime gambar sketsa wajah dari samping gambar sketsa wajah jimin bts gambar sketsa wajah kartun gambar sketsa wajah menangis gambar sketsa wajah mudah ditiru gambar sketsa wajah wanita gambar sketsa wajah wanita berhijab dari samping gambar sketsa wajah wanita dari samping Games Gamma 1 Band garam garis Geisha Genre gigi Giselle Global gmail Google google chrome GOOGLE TRANSLATE grafik gratis grid gula halaman Hamil Handphone Handphone Trik hapus harddisk hardware Hari Raya Idul Fitri 1432 H header and footer Hello hemat herbal hobi Home Design Honda Hosting Hotel Hunting HUTAN MANGROVE / BAKAU ibu hamil icon iklan INFORMASI / BERITA Inka Christy Insomnia INSTAL ULANG WINDOWS 7/VISTA INSTAL ULANG WINDOWS XP interior Internet internet explorer Iphone Islam ISO Iwan Fals Jerawat Jeremy Teti Jilbab JKT48 Jual Beli Judika Julia Perez Jurnalisme kalsium Kamar Kangen Band Kanker Kata Bijak Kata Cinta Kata Gombal Kata Indah Kata Islami Kata Kata Kata Lebay Kata Lucu Kata Motivasi Kata Mutiara Kata Romnatis Kata Sayang Kata-kata Hari Raya Kata-Kata Lebaran Katon Bagaskara kaya kebugaran Kecantikan kecepatan kedelai kejahatan keringat kertas kerusakan Kesehatan keuangan keyboard shortcut keyboardshortcut klorin kode html kolom kompresi KOMPUTER kondisional koneksi konfigurasi konsep konten Kontes Seo konversi Korea Kue kuliah Kunyit Lagu laptop Last Child lemon Lensa level Lighting limbah lingkungan link LINUX list LOGAM BERAT logika Lowongan Macro Madu Magazine Style Makalah makanan Maliq malware manajemen file mangan manual margin Maroon 5 matematika Materi Kuliah Maudy Ayunda melahirkan MEMPERCANTIK FLASHDISK MENCEGAH SCRIPT BERBAHAYA MENGEDIT FOTO ONLINE menghitung MENGOPTIMALKAN BROWSER DAN RAM MENINGKATKAN PERFORMA KOMPUTER MENINGKATKAN TRAFFIC BLOG menu Meta Tag micosoft word microsoft access microsoft excel microsoft powerpoint microsoft windows microsoft word Mito Mivo TV MNCTV Mobil model rumah Modem monitor Motivasi Motivasi Blogging MotoGp mouse Movie mozilla Mozilla Firefox Mp3 ms paint multilevel multimedia Mulut muntah Musikimia natural navigasi Nexian Nirwana Band Noah Nokia nomor Nonton TV nort numbering obat objects One Piece online opera Operating System Opick Opini orbit downloader otomatis Otomotif Outdoor panduan Panning Pantun paragraf partisi password PC Tablet pdf pemasaran Pemula penampilan pencarian pencegahan pencurian Pendidikan penelitian pengenalan Pengunduran Diri pengunjung penjualan penyakit mulut PERBAIKAN KOMPUTER Perbandingan performa Personal Peterpan Photo photoshop Pixel plafon plastik plugins posting Potrait power powerpoint options PPC presisi Preview printer produk Profile program Property Proposal Provider Puasa publikasi Puisi Puisi Cinta Puisi Sedih quota racun Rambut Rating RCTI registry REGISTRY WINDOWS repair Repvblik Resep restart restore Review ribbon ribbon design ribbon developer ribbon home ribbon insert ribbon layout ribbon view Romantis Rossa rotasi rumah rumah minimalis rumah mungil Rumor rumus Run rusak Sammy Simorangkir sampah sampul saringan saringan air satuan unit search engine sekuritas SEO Seo Contest Sepak Bola separator SEPUTAR PASSWORD series SERP setting Seventeen shape shapes Shireen Sungkar shortcut shutdown simbol sistem operasi Siti Badriah Sketsa slide SMS Sms Hari Raya Sms Ucapan Software Sony Ericsson sort sosial SOURCE CODE Sport sqrt start up startup statistik status strawberry stress style sub domain Sule sumif Surat system system restore tabel tampilan tanggal Task Manager taskbar TATASURYA Tegar Teknisi teks telinga Telkomsel template Template Blog TENTANG BLACKBERRY (BB) TENTANG HANDPHONE (HP) TENTANG OTAK MANUSIA terapi Terms theme therapi timing Tipe-X Tips Tips and Trik TIPS dan TRIK KOMPUTER/INTERNET Tips Internet Tips Trick Blogger TIPS TRIK BLOG Tomat toolbar Tools traffic Trend 2012 trik TRIK AKSES REMOTE Trik Gratis Three TRIK JARINGAN TRIK MEMAKSIMALKAN KAMERA tulang tulisan Tulus Tutorial TV One TWITTER uang UANG DARI INTERNET UBUNTU/LINUX Ucapan Lebaran Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik umum Ungu usaha User Account Ustadz Jefri Al Buchori (Uje) utility vba verifikasi Video Videophotography Vidi Aldiano Vierratale virus VIRUS KOMPUTER Visitor vitamin vlookup Wajah Wali Wanita warna watermark website widget window explorer Windows WINDOWS 7 WINDOWS 8 windows explorer Windows Phone windows xp WINDOWS_VISTA WinRAR word options wordart Wordpress Wordpress Themes worksheet Xl Yahoo YANG_LAIN Youtube Zakat Zakia zoom